Science Fair, Kegiatan Menyenangkan yang Menambah Wawasan

June 13, 2017

 

               Pada Selasa (06/06), untuk pertama kalinya, Sekolah CHIS Denpasar mengadakan kegiatan science fair, loh! Kegiatan yang dibuka untuk umum ini diadakan di lantai 2 Sekolah CHIS Denpasar dan berlangsung pada pukul 08.00-11.00 WITA. Dalam kegiatan science fair ini, siswa berkesempatan untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka di bidang science. Tak hanya itu, dengan diadakannya science fair, siswa juga dapat melakukan berbagai eksperimen. ​

 

​              Science fair ini diadakan oleh SPK SD, SPK SMP, hingga SPK SMA CHIS Denpasar. Setiap jenjang menampilkan hal-hal yang berbeda-beda, menarik, dan tentunya menambah wawasan siswa maupun pengunjung. Siswa kelas 3A menampilkan shoebox experiment, exploring mass, material changes, dan how light circuit works. Siswa kelas 3B juga melakukan hal yang sama. Hanya saja, siswa kelas 3B menambahkan beberapa alat seperti alat timbangan dapur, timbangan laboratorium, weighing scale, serta penggunaan termometer klinik. Sementara itu, siswa kelas 4 memperkenalkan sekaligus menjelaskan dalam Bahasa Inggris tentang hal-hal mengenai skeletal system, digestive system, goopy goop: oobleck (mengenal benda cair, gas, serta padat), bagian-bagian mikroskop, dan cara membuat susu almond. Kemudian, terdapat penjelasan tentang siklus air, penyebaran benih (seed dispersal), dan juga pertumbuhan benih dan tanaman dari kelas 5. Namun, dari sekian banyaknya eksperimen, ada 1 eksperimen yang paling menarik perhatian, nih! Pada pukul 09.30 WITA, siswa kelas 4, bersama dengan Ms. Cheryl, melakukan eksperimen volcanic eruption, Sob! Eksperimen itu bukan hanya menarik perhatian anak kecil, tapi juga menarik perhatian anak remaja, guru, serta orang tua murid, lho.

                  Siswa SPK SMP CHIS tidak melakukan eksperimen tersebut secara langsung, melainkan hanya menunjukkan hasil eksperimen yang telah mereka buat. Dalam bidang matematika, siswa kelas 8 telah membuat berbagai bangun ruang yang dihias dengan indah. Selain itu, siswa kelas 7B dan 8 inklusi juga telah membuat galaksi matematika yang membahas tentang beberapa matematikawan secara sepintas serta pohon rumus bangun ruang. Tidak hanya itu, dalam bidang kreativitas dan kewirausahaan, siswa kelas 7B bersama dengan kelas 8 inklusi juga telah membuat berbagai benda daur ulang dan juga telah membuat peta mengenai rute pelayaran bangsa barat. Selanjutnya, di bidang biologi, siswa kelas 8 inklusi telah melakukan percobaan dalam mencangkok pohon bunga kamboja dan juga ada hasil eksperimen siswa kelas 8B yang membuat guava wine serta white coffee wine. Namun, ada juga nih hasil eksperimen dari science club kimia yang membuat lilin dari krayon dan lilin bekas. Dari kegiatan ekstrakulikuler, buletin yang dikarya oleh tim jurnalistik SPK SMP CHIS juga dipamerkan dalam kegiatan science fair ini.

                 

                   Selain hasil eksperimen dari siswa SPK SMP CHIS, siswa SPK SMA CHIS juga menampilkan berbagai hasil eksperimen yang sungguh unik, Sob. Dalam bidang physics, siswa kelas 10 IPA telah membuat eksperimen mengenai frictional forces beserta conservation of energy dan telah melakukan pengujian terhadap kandungan vitamin C serta asam sitrat dalam jeruk nipis atupun lemon di bidang chemistry. Selanjutnya, siswa kelas 11 IPA juga telah menampilkan cara kerja mesin cuci, menunjukkan eksperimen yang memodifikasi kipas sebagai penghasil listrik, memodifikasi sepeda sebagai penghasil listrik, dan juga water wheel experiment. Adapun eksperimen mengenai laju pertumbuhan tanaman untuk mengenal lebih dalam mengenai hormon pada tanaman oleh kelas 11 IPA.

         Science fair ini bertujuan untuk mendekatkan siswa dengan pelajaran science, untuk memberitahu siswa serta pengunjung bahwa science itu menyenangkan, dan agar science menjadi lebih menarik. Selain itu, dengan diadakannya science fair, siswa dapat menghubungkan pembelajaran teori di kelas dengan kenyataannya.

              Kegiatan science fair ini berjalan dengan lancar dan telah berhasil memukau para pengunjung. Namun, guru kimia SPK SMP dan SPK SMA CHIS yang akrab dipanggil sebagai Mr. Viktor ini menyatakan, “Menurut mr, science fair ini menyenangkan. Akan tetapi, masih perlu ditingkatkan lagi dan harus dibuat yang lebih terencana.


 

Please reload

Posting Terbaru

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload

SEKOLAH CHIS

Jl. Griya Anyar, Pemogan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80221, Indonesia

(0361) 723630

Follow

  • Black YouTube Icon